(022) 6031093

5 Tips Ini Dapat Membuat Bisnis Anda Berkembang

Dalam mengembangkan bisnisnya, setiap pemilik bisnis dituntut untuk terus menerus belajar dan melakukan banyak perbaikan di perusahaannya. Hal ini tidaklah mudah karena biasanya para pemilik sudah terjebak dalam keseharian operasional. Dengan kesibukan sehari - hari, mereka mulai perlahan lahan kehilangan keinginan untuk mengembangkan usaha lebih lanjut.


Ada 5 tips yang kami berikan agar anda dapat mengembangkan bisnis anda dengan mudah.


1. Buat visi dan misi perusahaan

Bayangkan bisnis anda sebagai sebuah kapal laut dan anda sebagai nahkodanya. Anda pasti memiliki tujuan dan arah ke mana kapal anda akan berlayar. Visi adalah untuk tujuan apa perusahaan anda berdiri sedangkan Misi adalah bagaimana anda mencapai tujuan perusahaan anda. Tanpa visi dan misi, kapal anda akan kehilangan arah dan tujuan. Untuk membuat visi dan misi, luangkan waktu yang benar-benar kosong dan tanpa gangguan supaya anda bisa fokus. Hal ini sangat penting karena visi dan misi adalah fondasi dasar perusahaan.


2. Buat budaya perusahaan

Budaya perusahaan ibarat nilai-nilai kehidupan atau jiwa dalam perusahaan. Jika anda tidak membuat budaya, maka budaya perusahaan akan terbentuk secara otomatis. Pertanyaannya, apakah anda bisa menerima budaya perusahaan yang bukan merupakan nilai-nilai yang anda yakini ? Dengan adanya budaya perusahaan, anda lebih mudah ketika anda memilih tim anda, mengambil keputusan bisnis dan bekerja sama dengan tim. Hal ini juga berlaku bagi anggota tim anda. Jika nilai yang mereka anut tidak sama dengan nilai budaya perusahaan, maka mereka akan otomatis merasa tidak nyaman dan akan mengundurkan diri sendiri. Tanpa budaya, perusahaan akan kehilangan rohnya dan akan membingungkan semua anggota tim dalam segala hal.


3. Buat peraturan kerja dan surat perjanjian kerja

Dimanapun kita berada, kita pasti diatur oleh aturan main yang tertulis ataupun yang tidak tertulis. Dengan adanya aturan main yang jelas dan tertulis, kesalahan komunikasi atau salah persepsi bisa dikurangi. Dan dapat mengurangi kesalahan prosedur kerja di perusahaan. Semua anggota tim juga sudah mengerti dengan jelas batasan-batasan di dalam perusahaan. Surat perjanjian kerja dimaksudkan mengikat kedua belah pihak agar hak dan kewajiban masing-masing jelas dan dapat dipertanggung jawabkan. Buatlah surat perjanjian kerja dengan detail dan jelas. Jangan sampai ada multi tafsir. Hal ini menghindari salah paham dikemudian hari.


4. Buat sistem kerja standar / SOP

Dengan adanya SOP,  anda dapat menilai kinerja tim anda, kualitas pekerjaan bisa tercapai, menurunkan tingkat kesalahan dan meningkatkan learning time jika ada pergantian anggota tim. Tanpa SOP, pemilik tidak bisa meninggalkan bisnis. Mengapa ? Karena hanya pemilik bisnis yang tahu standar dan kualitas pekerjaan, sedangkan timnya hanya sebagai pelaksana saja. Untuk membuat SOP, catat keseharian pekerjaan setiap orang atau bagian. Lalu dokumentasikan catatan tersebut sebagai SOP. Jika diperlukan perbaikan, catat dulu ide-idenya dan pertimbangkan berbagai kemungkinan untuk perbaikannya.


5. Pakai sistem informasi managemen (MIS)

Setiap pemilik bisnis pasti mengharapkan bisnisnya bisa menguntungkan dan berkembang. Gunakan sistem informasi managemen untuk meningkatkan efisiensi kerja, menilai kinerja tim, mengurangi over stok, meningkatkan kualitas barang, mengetahui laba rugi perusahaan dan lain-lain. Dengan data yang real time, akurat dan bisa diandalkan, sistem informasi bisa membantu para pengusaha dalam mengambil keputusan bisnis dengan cepat dan mudah. Dalam memilih vendor/penyedia sistem informasi, anda lebih baik memilih vendor yang sudah profesional, memiliki jam terbang tinggi dan after sales yang baik. Pada umumnya vendor yang sudah profesional memiliki harga yang lebih tinggi dibanding vendor yang masih baru. Meski demikian, hal ini berbanding lurus dengan penghematan dan efisiensi di kemudian hari. Uang dapat dicari tetapi waktu tidak dapat kembali. Jika anda ingin harga yang murah tetapi hasilnya tidak sepadan, maka waktu, uang dan energi yang sudah anda keluarkan akan terbuang percuma.


Dengan melakukan 5 tips di atas, perusahaan anda diharapkan akan mampu berkembang. Jika anda membutuhkan bantuan atau masih bingung, silahkan hubungi tim kami.

 

Bagikan artikel ini


Terakhir Dibaca

Empat Syarat Utama Membangun Bisnis

Ikuti kami difacebook