(022) 6031093

Mengenali Hubungan Antara Teknologi Informasi dengan Bisnis

 

Di Zaman yang berkembang begitu cepatnya yang dapat mempengaruhi cara berfikir dan prilaku seseorang di dalam persaingan dunia bisnis. Setiap pelaku bisnis pun tumbuh dan berkembang mengikuti perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat. Pengaruh teknologi informasi saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena perkembangan teknologi informasi dapat mempengaruhi bisnis seseorang.

Tidak sedikit pelaku bisnis yang memanfaatkan perkembangan sistem informasi berbasis integrasi. Sistem terintegrasi di rancang dan dibangun untuk mengatasi dan membantu pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya kea rah yang lebih baik. Tujuan sistem terintegrasi adalah untuk membuat pekerjaan lebih mudah dengan memanfaatkan sistem kerja yang efektif dan efisien. Agar terciptanya suatu sistem yang baik, tidak hanya sistem yang teritgasi yang dibutuhkan, tetapi harus didukung oleh software dan hardware nya juga.

Apa itu teknologi informasi?. Teknologi informasi adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern. Teknologi informasi tanpa bisnis bisa diartikan dengan suatu teknologi tidak akan berjalan dengan maksimal apabila tidak dibarengi dengan bisnis yang baik. Sebaliknya, Bisnis tanpa teknologi informasi dapat diartikan dengan bisnis tersebut akan mati karena persaingan yang begitu ketatnya. Oleh karena itu hubungan antara keduanya sangatlah penting dan pelaku bisnis harus mengetahui hubungan tersebut.

Dengan memanfaatkan teknologi dalam melakukan aktifitas bisnis akan membawa dampak positif kepada pelaku bisnis tersebut. Berikut ini adalah manfaat penting teknologi informasi dalam bisnis, diantaranya adalah :

1.      Melakukan Komunikasi dengan Mudah, Cepat dan Tepat.

Zaman sekarang sudah memasuki zaman internet. Fasilitas yang ada di internet banyak membuktikan kecepatan berkomunikasi dengan orang yang dituju. Contoh kecilnya adalah pengiriman lewat E-mail yang dapat mengirim dokumen, gambar, video, ataupun file file lainnya dengan cepat. Selain E-mail juga ada aplikasi berbasis internet yang ada di setiap smartphone seperti whatsapp ataupun BBM, aplikasi tersebut bisa membantu berkomunikasi dengan mudah, cepat dan tepat dengan cara chat, panggilan suara ataupun panggilan video.

 

2.      Mempermudah Proses Monitoring Karyawan.

Hampir sama dengan poin pertama, pelaku bisnis dapat memanfaatkan internet untuk memonitoring kinerja karyawannya. Dengan memanfaatkan internet sang pelaku bisnis dapat mengetahui pergerakan bisnisnya dan dapat memantau pekerjaan yang di lakukan karyawanya dengan report harian, mingguan, bahkan bulanan. Hal tersebut dapat membuat pekerjaan lebih praktis.

 

3.      Mengurangi Biaya Produksi dan Operasional.

Dengan berkembangnya teknologi informasi yang setiap hari menunjukan perubahannya membuat perusahaan dapat menkontrol biaya-biaya yang di keluarkanya setiap hari. Hal tersebut dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan untuk mengurangi biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk produk sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar, tentu saja dengan pertimbangan pertimbangan yang matang, bibantu oleh teknologi informasi.

 

4.      Membuka Akses Informasi dan Penyebaran Informasi dengan Mudah.

Mempublikasikan informasi berupa berita, iklan, pengetahuan, promosi produk, lokasi pameran, dan informasi lainnya melalui internet dapat tersebar luar dengan cepat dibandingkan dengan menggunakan cara yang konvensional seperti menggunakan surat kabar, ataupun pemasangan iklan di megatron atau videotron. Tentu saja dengan pengeluaran biaya yang sedikit di bandingkan penyebaran informasi dengan cara yang konvensional dapat mengeluarkan biaya yang tentu saja tidak sedikit.

Dilihat dari empat poin di atas, hubungan teknologi informasi dengan bisnis sangatlah erat. Bisnis tanpa teknologi informasi mungkin bisnis tersebut akan mati dengan persaingan yang begitu ketat. Oleh karena itu pengaruh teknologi informasi ini terhadap aktifitas dan perilaku organisasi sangat diperlukan . Dan hal ini tentunya dimaksudkan untuk mendukung penerapan sistem informasi agar dapat berjalan dengan baik dan selaras dengan apa yang dibutuhkan oleh manajemen organisasi bisnis tersebut. Namun selain memberikan manfaat yang sangat banyak dalam bidang bisnis, teknologi infromasi juga dapat disalah gunakan dalam hal yang kurang baik. Oleh karen itu, gunakanlah teknologi informasi dengan tepat dan sesuai dengan kebutuan. (Iqbal/Pro)

 

                         

 

 

Bagikan artikel ini