(022) 6031093

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia

Seiring dengan kemajuan zaman kemajuan teknologi informasi bisa disebut sebagai yang paling cepat bila dibandingkan dengan aspek lain, teknologi membawa banyak keuntungan dalam kehidupan, khususnya untuk masyarakat secara luas dimana kini teknologi dapat dinikmati oleh hampir seluruh elemen masyarakat tanpa adanya batasan. Jauh berbeda dengan dulu dimana teknologi hanya bisa dinikmati oleh mereka yang berada dikalangan atas. Bayangkan ditahun 2000-an dulu mungkin pengguna internet di Indonesia masih bisa dihitung jari, apa lagi dengan harga nya yang cukup mahal dibandingkan dengan sekarang.

Tentu ini membawa sebuah perbedaan dengan kondisi kita hari ini. Kenapa demikian? pasalnya kian tahun pengguna Internet di Indonesia semakin meningkat, hal ini didukung dengan komitmen pemerintah dan juga pihak swasta dalam membumikan Internet di Indonesia. Hal ini bisa kita lihat dari statistik dimana peningkatan pengguna Internet di Indonesia terjadi begitu drastis selama 8 tahun ke belakang yaitu meningkat 70 juta pengguna dalam kurun waktu 8 tahun. Dimana sebelumnya pada kurun waktu 2006 ke 2009 hanya meningkat sekitar 13 juta pengguna dari 20 juta di tahun 2006 menuju 33 juta di tahun 2009.

Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) mengungkap bahwa lebih dari setengah penduduk Indonesia kini telah terhubung ke internet. Survei yang dilakukan sepanjang 2016 itu menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet. Adapun total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta orang. Hal ini mengindikasikan kenaikan 51,8 persen dibandingkan jumlah pengguna internet pada 2014 lalu. Survei yang dilakukan APJII pada 2014 hanya ada 88 juta pengguna internet.

Pada awal tahun 2016 Indonesia hanya mempunyai sekitar 88,1 juta pengguna internet, jumlah pengguna internet di tanah air telah naik sebesar 51,8 persen ke angka 132,7 juta pengguna pada awal 2017 ini. Namun dari sisi perangkat yang digunakan untuk mengakses internet, tidak ada perubahan yang berarti. Sebanyak 69 persen masyarakat Indonesia masih mengakses internet melalui perangkat mobile, dan sisanya melalui desktop dan tablet.

Pertumbuhan jumlah pengguna internet ini turut diiringi oleh meningkatnya jumlah pengguna layanan media sosial. Hanya berjumlah 79 juta pada tahun lalu, angka tersebut kini telah naik menjadi 106 juta pengguna. Para pengguna yang secara aktif menggunakan media sosial di perangkat mobile pun naik dari angka 66 juta menjadi 92 juta. Dari segi pertambahan jumlah pengguna di layanan media sosial tersebut, Indonesia bahkan menempati posisi ketiga di dunia. Kita berhasil mengalahkan negara-negara seperti Brazil dan Amerika Serikat, dan hanya kalah dari Cina dan India.

 

Meski demikian, temuan paling mengejutkan dari survei Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) ini adalah persentase pengguna internet pada kelompok usia 10 sampai 14 tahun yang mencapai 100 persen dengan jumlah 768 ribu. Angka tersebut mewakili kenaikan penetrasi pengguna internet di indonesia. (Dede/Web)

Bagikan artikel ini


Terakhir Dibaca

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia

Empat Syarat Utama Membangun Bisnis

Tingkatkan Bisnis Anda dengan "Jurus" ini!

Ikuti kami difacebook