(022) 6031093

Empat Syarat Utama Membangun Bisnis

Hampir semua orang ingin mempunyai bisinis sendiri, membuat kebijakan sendiri dan mengatur jadwal sendiri, tapi tak semua orang bisa menjalani bahkan untuk memulaipun hanya dapat dilaksanakan oleh beberapa orang saja.

Untuk memulai sebuah bisnis sebenarnya hal yang tidak terlalu sulit, hanya kadang kala kita terlalu fokus pada pikiran pikiran negative didalam diri, seperti “yakin berhasil gak ya?”, “kira kira modalnya berapa ya?” ,”sepertinya ini sulit deh!” . Pernyataan dan pernyataan seperti itu sering kali muncul dalam pikiran kita, merasa tidak mungkin, fokus hanya pada jumlah modal yang harus dikeluarkan bahkan berfikiran jika bisinis tersebut sulit untuk dijalani, kalah sebelum bertanding adalah sifat yang seharusnya dibuang jauh dari diri seorang yang ingin menjadi entrepreneur.

Simple, untuk anda yang berniat menjadi entrepreneur jangan terlalu banyak fikiran, tanpa anda sadari jika terlalu banyak perhitungan saya yakin, bisinis yang sudah lama anda rencanakan tidak akan pernah berhasil jika memulaipun anda takut. Pikiran pikiran negative hanya akan menjadi paradoxs dan mempersempit niat anda yang sudah mantap diawal. Untuk lebih jelasnya anda hanya butuh empat poin dalam membangun bisnis, berikut empat syarat utama yang harus anda miliki untuk menjadi sorang entrepreneur :

1.      BAKAT

Bakat adalah kemampuan alami dari seseorang yang tidak dapat di ciptakan, bakat hanya dapat di asah dan di maksimalkan. Bakat bersifat menetap dan tidak dapat dimanipulasi, untuk seseorang yang ingin mendalami sesuatu maka bakat adalah modal awal yang paling berarti. Sejarah mencatat beberapa suku bangsa di dunia telah diakui sepak terjangnya dalam berbisnis, hal ini menjadi maksimal apabila sesorang yang mempunyai bakat tersebut di dukung oleh keadaan lingkungan yang menunjang, di dunia kita mengenal bangsa Tiongkok adalah salah satu contoh nyata dalam hal berdagang hingga hampir semua aspek dagang mereka kuasai.

Tak ketinggalan di Indonesia contoh tersebut juga di pertontonkan oleh masyarakat minangkabau atau yang lebih sering dikenal dengan orang padang, sampai sampai ada sebuah lelucon yang menyebutkan bahwa padang adalah singkatan dari pandai dagang. Banyak kasus dimana seseorang yang sangat ngotot belajar bisnis, ikuti seminar kesana kemari hingga mengeluarkan banyak uang demi bisa berbisnis justru menjadi sebaliknya, mereka tidak sadar jika sebenarnya mereka tidak memiliki bakat dan tidak punya modal yang harus diasah. Bakat dapat diturunkan melalui gen, namun hal ini tidak mutlak terjadi. Dengan bermodalkan bakat serta lingkungan menunjang maka langkah selanjutnya harus anda lakukan adalah seperti point kedua.

2.      IDE

Ide adalah hal termahal dari seluruh persiapan dalam membangun sebuah bisnis, tak jarang barang yang kita anggap biasa saja malah harganya begitu mahal karena tidak semua orang dapat berfikiran untuk menjadikan fungsi barang tersebut bisa dinikmati oleh orang lain. Ide sebagai instrunen penting dalam berbisnis, pandai membaca peluang, mengetahui kebutuhan pasar maka secara naluriah bakat anda akan menuntut otak berfikir kreatif hingga muncullah ide. 

3.      USAHA

Nah, ini adalah hal ketiga yang harus dimiliki oleh seorang calon entrepreneur, ketika seseorang sudah memiliki Bakat, meunculkan ide namun tidak mau ber usaha maka semua hanya akan sia-sia, seperti penjelasan diatas. Usaha bak listrik, bakat adalah software dan ide adalah hardwarenya, tida poin ini bagaikan satu kesatuan yang tidak terpisah.

4.      MENTOR/GURU

Pernah mendengar anekdot seperti ini? “Hanya manusia dan alam semesta ciptaan Tuhan, selebihnya made in China” atau “Jika dibulan ada pasar maka orang Padang udah jualan disana” anekdot ini bila kita lihat dari sisi positif maka sangat mendalam maknanya, sebuah lucu lucuan yang menerangkan jika dua contoh ini begitu berperan dalam perdagangan di Indonesia bahkan dunia. Ya, tahap selanjutnya jika anda ingin menjadi seorang entrepreneur maka anda harus mencari mentor atau guru yang dapat diteladani, orang dengan pengalaman serta sepak terjang yang tinggi maka dapat anda jadikan teman sharing, bahkan beberapa pengalaman yang mereka hadapi selama berbisnis mungkin belum pernah anda alami, dari situ anda bisa mengambil pelajaran serta strategi dalam berbisnis.  

 

Satu pertanyaan yang muncul dalam diri anda ketika sudah membaca tulisan ini, lalu bagaimana jika kita telah memiliki bakat, ide dan usaha namun tetap masih belum sukses sesuai keinginan? Jawabannya adalah Usaha, try again, anda harus mencoba lagi sampai benar benar sesuai dengan harapan anda, jika masih gagal jangan jangan ada yang salah dari cara yang anda terapkan, mulailah intropeksi cara dan merubah pola yang selama ini anda gunakan dalam berbisnis. Melakukan pola yang sama dalam kegagalan yang sama adalah hal yang naïf, cari pola yang belum pernah anda lakukan, coba sampai anda menemui hasil yang maksimal. Karena sejarah mencatat keberhasilan dari derertan orang sukses dunia diawali dari kegagalan yang berulang. Selamat mencoba! (akhsanov-HRD) 

Bagikan artikel ini


Terakhir Dibaca

Empat Syarat Utama Membangun Bisnis

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia

Ikuti kami difacebook